Pembuatan Soal Yang HOTS (Higher Order Thinking Skill) Untuk Siswa SMK

Pembuatan Soal Yang HOTS (Higher Order Thinking Skill) Untuk Siswa SMK


Penilaian merupakan salah satu proses pembelajaran yang wajib diberikan oleh pendidik sebagai sarana untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman dan ketuntasan peserta didik pada suatu Kompetensi Dasar atau Standar Kompetensi.
Beragam teknik penilaian seringkali dilakukan untuk mengukur hal tersebut di atas. Namun , pada prakteknya sering dijumpai proses penilaian yang seolah dipaksakan. Hal ini terlihat dari soal yang dibuat tidak sesuai dengan taksonomi yang seharusnya diraih oleh peserta didik. Selain itu sistem" mundur maju" yang dilakukan pendidik juga menjadi permasalahan yang terbiasa. Misal seorang pendidik yang membuat soal terlebih dulu, baru kemudian membuat kisi kisi. Kegiatan "mundur maju" ini mengindikasikan bahwa proses penilaian yang dilakukan pendidik ternyata tidak dilakukan secara sistematis dan terencana dengan benar. Hasilnya ternyata tidak sesuai dengan harapan yang sebenarnya. Dimana anak SMA/SMK menurut taksonomi Bloom harus ada pada kategori C4,C5 dan C5. Tapi pada kenyataannya, pembuatan soal masih pada kategori C1, C2 dan C3. Berikut Contoh Soal Yang termasuk pada pilihan ganda berstruktur:
Seorang Pasien akan berobat ke sebuah klinik, namun kartu berobatnya lupa tidak dibawa.Supaya pasien tersebut bisa mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus kembali lagi ke rumah untuk mengambil kartu berobat, maka sebaiknya klinik tersebut menggunakan sistem kearsipan seperti apa?.
1. Arsip yang disimpan sesuai dengan urutan tanggal
2. Arsip yang disimpan sesuai dengan nama subjek atau masalah
3. Arsip yang disimpan sesuai dengan nama wilayah 
4. Arsip yang disimpan sesuai dengan penomoran yang berlaku di perusahaan/instansi
Pilihlah jawaban yang tepat!
a. Jika opsion 1 dan 2 benar
b. Jika opsion 1, 2 dan 3 benar
c. Jika opsion 1 dan 4 benar
d. Jika opsion 2 dan 4 benar
e. Jika opsion 2 dan 3 benar
Untuk memperbaiki kata kerja pada kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator hasil belajar dapat digunakan contoh-contoh kata kerja pada tabel di bawah ini.  Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan kesinambungan kompetensi



Ranah Kognitif

Pengetahuan
Pemahaman
Penerapan
Analisis
Sintesis
Penilaian
C1
C2
C3
C4
C5
C6
Mengutip
Menambah
Memerlukan
Menganalisis
Mengabstraksi
Mempertimbangkan
Menyebutkan
Memperkirakan
Menyesuaikan
Mengaudit/memeriksa
Menganimasi
Menilai
Menjelaskan
Menjelaskan
Mengalokasikan
Membuat blueprint
Mengatur
Membandingkan
Menggambar
Mengkategorikan
Mengurutkan
Membuat garis besar
Mengumpulkan
Menyimpulkan
Membilang
Mencirikan
Menerapkan
Memecahkan
Mendanai
Mengkontraskan
Mengidentifikasi
Merinci
Menentukan
Mengkarakteristikkan
Mengkategorikan
Mengarahkan
Mendaftar
Mengasosiasikan
Menugaskan
Membuat dasar pengelompokkan
Mengkode
Mengkritik
Menunjukkan
Membandingkan
Memperoleh
Merasionalkan
Mengkombinasikan
Menimbang
Memberi label
Menghitung
Mencegah
Menegaskan
Menyusun
Mempertahankan
Membuat index
Mengkontraskan
Mencanagkan
Membuat dasar pengkontras
Mengarang
Memutuskan
Memasangkan
Mengubah
Mengkalkulasi
Mengkorelasikan
Membangun
Memisahkan
Menemutunjukkan
Mempertahankan
Menangkap
Mendeteksi
Menanggulangi
Memprediksi
Menamai
Menguraikan
Memodifikasi
Mendiagnosis
Menghubungkan
menilai
Membuat kerangka
Menjalin
Mengklasifikasikan
Mendiagramkan
Menciptakan
Memperjelas
Menandai
Membedakan
Melengkapi
Mendiversifikasikan
Mengkreasikan
Merangking
Membaca
Mendiskusikan
Menghitung
Menyeleksi
Mengkoreksi
Menugaskan
Menyadari
Mengunggulkan
Membangun
Memerinci ke bagaian-bagian
Memotret
Menafsirkan
Menghapal
Menggali
Membiasakan
Menominasikan
Merancang
Memberi pertimbangan
Meniru
Mengira
Mendemonstrasikan
Mendokumentasikan
Mengembangkan
Membenarkan

Mencatat
Mencontohkan
Menurunkan
Menjamin
Merencanakan
Mengukur

Mengulang
menerangkan
Menentukan
Menguji
Mendikte
Memproyeksi

Mereproduksi
Mengemukakan
Menemukan
Mencerahkan
Meningkatkan
Memerinci

Meninjau
Memperluas
Menggambarkan
Menjelajah
Memperjelas
Menggradasi

Memilih
Mempolakan
Menemukan kembali
Membagankan
Memfasilitasi
Merentangkan

Menyatakan
Memfaktorkan
Membagankan
Memfile
Membentuk
Merekomendasikan

Mempelajari
Menggeneralisasikan
Menggunakan
Membuat kelompok
Merumuskan
Melepaskan

Mentabulasi
Memberikan
Menilai
Mengidentifikasi
Menggeneralisasi
Memilih

Memberi kode
Menmyimpulkan
Melatih
Mengilustrasikan
Menumbuhkan
Merangkum

Menelusuri
Berinteraksi
Menggali
Menyimpulkan
Menangani
Mendukung

Menulis
Mengumpulkan
Membuka
Menginterupsi
Mengirim
Mengetes


Memaknai
Mengemukakan
Menemukan
Memperbaiki
Memvalidasi


Mengamati
Membuat faktor
Menelaah
Menggabungkan
Membuktikan kembali


Merumuskan kembali
Membuat gambar
Menata
Memadukan



Menggrafikkan
Membuat grafik
Mengelola
Membatasi



Meramalkan
Menangani
Memaksimalkan
Menggabungkan



Memperbaiki
Mengilustrasikan
Meninimalkan
Mengajar



Menulis kembali
Mengadaptasi
Mengoptimalkan
Membuat model



Membuat abstraksi
Menyelidiki
Memerintahkan
Mengimprovisasi



Merangkum
Memanipulasi
Menggarisbesarkan
Membuat jaringan



Menjabarkan
Mempercantik
Memberi tanda/kode
Mengorganisasikan



Mengkomunikasikan secara visual
Mengoperasikan
Memprioritaskan
Mensketsa




Mempersoalkan
Mengedit
Mereparasi




Mengkonsepkan
Menanyakan
Merencanakan




Melaksanakan
Mengaitkan
Menampilkan




Meramalkan
Memilih
Menyiapkan




Menyiapkan
Memilah
Meresepkan




Memberi harga
Mengukur
Memproduksi




Memproses
Membagi  ulang
Membuat program




Memproduksi
Melatih
Menata ulang




Memproyeksikan
Mentransfer
Merekonstruksi




Melindungi

Mencari referensi




Menyediakan

Menggunakan referensi




Mengakitkan

Mereferensikan




Melingkari

Memperbaiki




Menyusun

Menuliskan kembali




Mempertunjukkan

Menspesifikasikan




Mensimulasikan

Merangkum




Mensketsakan

Mengkomposisikan




Memecahkan






Melanggankan






Mentabulasi






Membuat transkrip






Menterjemahkan






Melakukan



























Ranah Psikomotor

P1
P2
P3
P4
Mengaktifkan
Mengoreksi
Melonggrakan
Mengalihkan
Menyesuaikan
Mengkreasikan
Membuat
Memecahkan masalah
Menggabungkan
Mendemonstrasikan
Memanipulasi
Menempel
Melamar
Merancang
Mereparasi
Memadankan
Mengatur
Memilah
Mencampur
Menjeniskan
Mengumpulkan
Melatih
Memmaku
Menjahit
Menimbang
Mengencangkan
Mengoperasikan
Mempertajam
Memperkecil
Memperbaiki
Menjalankan
Membentuk
Membangun
Mengikuti
Menekan
Mensketsa
Mengkalibrasi
Menggiling
Memproduksi
Memulai
Mengubah
Memegang
Menarik
Menyetir
Membersihkan
Memalu
Mendorong
Menggunakan
Menutup
Memanaskan
Memindahkan
Menimbang
Mengkombinasikan
Menggantung
Memperbaiki
Membungkus
Memposisikan
Mengidentifikasikan
Menggantikan
Mengemas
Menyambungkan
Mengisi
Memutar

Mengkonstruksi
Menempatkan
Menggirim






RANAH AFEKTIF

A1
A2
A3
A4
A5
Receive/menerima
Responding/merespon
Valuing/menilai
Organization/mengorganisasi

Characterization
Menerima
Menanggapi
Bekerja sama
Menganut
Menghayati
Mempertanyakan
Bertanggungjawab
Mengasumsikan tanggungjawab
Mengubah
Bertindak
Memilih
Membantu
Meyakini
Menata
Mengubah perilaku
Mengikuti
Mengajukan
Melengkapi
Mengklasifikasikan
Berakhlak mulia
Memberi
Mengkompromikan
Meyakinkan
Mengkombinasikan
Berfilosofi
Menmganut
Menyenangi
Memperjelas
Mempertahankan
Mempengaruhi
Mematuhi
Menyambut
Membedakan
Membangun
Menimbang masalah
Meminati
Mendukung
beriman
Membentuk pendapat
Mendengarkan

Menyetujui
Memprakarsai
Menunjukkan dengan
Mengajukan usulan

Menampilkan
Mengundang
memadukan
Mengkualifikasi

Melaksanakan
Menggabungkan
Mengelola
Mempertanyakan

Menampilkan
Memperjelas
Menimbang alternatif
Melayani

Melaporkan
Berperanserta
Menegosiasi
Menunjukkan kematangan/kedewasaan

Memilih
Mengusulkan
Berembuk
Memecahkan

Mengatakan
Menekankan
Bersilang pendapat
Membuktikan kembali

Membuat pertanyaan
Berbagi



Memilah
Menyumbang



Menolak
Bekerjakeras





Untuk membantu proses pembuatan soal yang HOTS ada beberapa materi yang saya dapatkan dari sumber lain, so check it.

Contoh Soal Uraian Yang HOTS:


SOAL ULANGAN HARIAN KELAS X AP
SK: MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI
MATERI: MEMILIH MEDIA KOMUNIKASI

1.  1. Media komunikasi audio visual adalah media komunikasi yang paling ampuh dalam menyampaikan informasi/pesan tetapi memerlukan biaya yang besar untuk bisa menggunakan media ini. Take a reason if U Agree or not about this statement!
2.    2. Ada sebuah perusahaan yang baru dirintis dan berada pada konteks Usaha Kecil Menengah. Dalam prosesnya perusahaan ini memrlukan promosi. Dari sekoan banyak media komunikasi, Which one ,,u choice And Why u Choice that?
3.      3. Bagaimana cara memaksimalkan media visual agar bisa menarik minat pembaca atau calon konsumen?
4.     4. Please Explain about The Function of media communication: “ mengkongkretkan isi berita yang bersipat abstrak”!
5.     5. How would you feel after you study about this lesson (media of communication)




SOAL ULANGAN HARIAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN
SK: MENGELOLA PERTEMUAN RAPAT
KD: MEMBUAT CATATAN HASIL PERTEMUAN RAPAT

1.   1. Pembuatan notulen dalam bentuk resume akan nampak lebih efektif karena langsung pada inti permasalahan, selain itu tidak memerlukan alat pelengkap lainnya.
Why do you think like that statement! Do you agree or not? Take me the reason!
2.    2. Notulen memiliki fungsi sebagai alat pembuktian, sumber informasi bagi peserta rapat in absen, dasar untuk pertemuan berikutnya serta alat pengingat bagi peserta rapat. Dari Uraian tersebut, Apa yang akan Anda lakukan jika Anda orang yang bertugas untuk membuat notulen tersebut?
3.     3. Susunan notula rapat terdiri dari 11 item. Please make the example a bout resume! All information free according to U.
4.     4. Istilah istilah yang berhubungan dengan rapat ,,banyaaaak sekali. Please write all that u Know!


SOAL ULANGAN HARIAN KELAS XII AP
SK: MENGAPLIKASIKAN AP DI TEMPAT KERJA
MATERI: ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA

1.    1. Dalam sebuah kantor terdapat suatu permasalahan dimana barang yang ada tidak dapat terdeteksi jumlah maupun nama barang yang lengkap. Jika Anda ditugaskan untuk melakukan administrasi sarana dan prasarana di kantor tersebut, Apa Yang harus Anda lakukan sehingga Kantor tersebut bisa tertib dalam administrasi sarana prasarana?
2.   2. Bagaimana hubungannya antara administrasi sarana dan prasarana dengan produktivitas kerja sebuah perusahaan?
3.      3. Apa yang Anda rasakan setelah mempelajari materi administrasi sarana prasarana?
4.      4. Apa yang Anda rekomendasikan untuk pembelajaran berikutnya?
5.   5. Menurut Anda ,,solusi seperti apa yang paling baik supaya semua barang yang ada di Lab Administrasi perkantoran bisa tertata dengan baik dan tertib?

Clue Produktivitas kerja:
Kemampuan perusahaan dalam berproduksi atau  menghasilkan barang/jasa jumlah yang diharapkan dalam waktu yang tepat dan singkat.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages