Pembuatan Soal Yang HOTS (Higher Order Thinking Skill) Untuk Siswa SMK
Penilaian merupakan salah satu proses pembelajaran yang wajib diberikan oleh pendidik sebagai sarana untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman dan ketuntasan peserta didik pada suatu Kompetensi Dasar atau Standar Kompetensi.
Beragam teknik penilaian seringkali dilakukan untuk mengukur hal tersebut di atas. Namun , pada prakteknya sering dijumpai proses penilaian yang seolah dipaksakan. Hal ini terlihat dari soal yang dibuat tidak sesuai dengan taksonomi yang seharusnya diraih oleh peserta didik. Selain itu sistem" mundur maju" yang dilakukan pendidik juga menjadi permasalahan yang terbiasa. Misal seorang pendidik yang membuat soal terlebih dulu, baru kemudian membuat kisi kisi. Kegiatan "mundur maju" ini mengindikasikan bahwa proses penilaian yang dilakukan pendidik ternyata tidak dilakukan secara sistematis dan terencana dengan benar. Hasilnya ternyata tidak sesuai dengan harapan yang sebenarnya. Dimana anak SMA/SMK menurut taksonomi Bloom harus ada pada kategori C4,C5 dan C5. Tapi pada kenyataannya, pembuatan soal masih pada kategori C1, C2 dan C3. Berikut Contoh Soal Yang termasuk pada pilihan ganda berstruktur:
Seorang Pasien akan berobat ke sebuah klinik, namun kartu berobatnya lupa tidak dibawa.Supaya pasien tersebut bisa mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus kembali lagi ke rumah untuk mengambil kartu berobat, maka sebaiknya klinik tersebut menggunakan sistem kearsipan seperti apa?.
1. Arsip yang disimpan sesuai dengan urutan tanggal
2. Arsip yang disimpan sesuai dengan nama subjek atau masalah
3. Arsip yang disimpan sesuai dengan nama wilayah
4. Arsip yang disimpan sesuai dengan penomoran yang berlaku di perusahaan/instansi
Pilihlah jawaban yang tepat!
a. Jika opsion 1 dan 2 benar
b. Jika opsion 1, 2 dan 3 benar
c. Jika opsion 1 dan 4 benar
d. Jika opsion 2 dan 4 benar
e. Jika opsion 2 dan 3 benar
Untuk memperbaiki kata kerja pada kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator hasil belajar dapat digunakan contoh-contoh kata kerja pada tabel di bawah ini. Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan kesinambungan kompetensi
Ranah Kognitif | ||||||
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
Penerapan
|
Analisis
|
Sintesis
|
Penilaian
| |
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
| |
Mengutip
|
Menambah
|
Memerlukan
|
Menganalisis
|
Mengabstraksi
|
Mempertimbangkan
| |
Menyebutkan
|
Memperkirakan
|
Menyesuaikan
|
Mengaudit/memeriksa
|
Menganimasi
|
Menilai
| |
Menjelaskan
|
Menjelaskan
|
Mengalokasikan
|
Membuat blueprint
|
Mengatur
|
Membandingkan
| |
Menggambar
|
Mengkategorikan
|
Mengurutkan
|
Membuat garis besar
|
Mengumpulkan
|
Menyimpulkan
| |
Membilang
|
Mencirikan
|
Menerapkan
|
Memecahkan
|
Mendanai
|
Mengkontraskan
| |
Mengidentifikasi
|
Merinci
|
Menentukan
|
Mengkarakteristikkan
|
Mengkategorikan
|
Mengarahkan
| |
Mendaftar
|
Mengasosiasikan
|
Menugaskan
|
Membuat dasar pengelompokkan
|
Mengkode
|
Mengkritik
| |
Menunjukkan
|
Membandingkan
|
Memperoleh
|
Merasionalkan
|
Mengkombinasikan
|
Menimbang
| |
Memberi label
|
Menghitung
|
Mencegah
|
Menegaskan
|
Menyusun
|
Mempertahankan
| |
Membuat index
|
Mengkontraskan
|
Mencanagkan
|
Membuat dasar pengkontras
|
Mengarang
|
Memutuskan
| |
Memasangkan
|
Mengubah
|
Mengkalkulasi
|
Mengkorelasikan
|
Membangun
|
Memisahkan
| |
Menemutunjukkan
|
Mempertahankan
|
Menangkap
|
Mendeteksi
|
Menanggulangi
|
Memprediksi
| |
Menamai
|
Menguraikan
|
Memodifikasi
|
Mendiagnosis
|
Menghubungkan
|
menilai
| |
Membuat kerangka
|
Menjalin
|
Mengklasifikasikan
|
Mendiagramkan
|
Menciptakan
|
Memperjelas
| |
Menandai
|
Membedakan
|
Melengkapi
|
Mendiversifikasikan
|
Mengkreasikan
|
Merangking
| |
Membaca
|
Mendiskusikan
|
Menghitung
|
Menyeleksi
|
Mengkoreksi
|
Menugaskan
| |
Menyadari
|
Mengunggulkan
|
Membangun
|
Memerinci ke bagaian-bagian
|
Memotret
|
Menafsirkan
| |
Menghapal
|
Menggali
|
Membiasakan
|
Menominasikan
|
Merancang
|
Memberi pertimbangan
| |
Meniru
|
Mengira
|
Mendemonstrasikan
|
Mendokumentasikan
|
Mengembangkan
|
Membenarkan
| |
Mencatat
|
Mencontohkan
|
Menurunkan
|
Menjamin
|
Merencanakan
|
Mengukur
| |
Mengulang
|
menerangkan
|
Menentukan
|
Menguji
|
Mendikte
|
Memproyeksi
| |
Mereproduksi
|
Mengemukakan
|
Menemukan
|
Mencerahkan
|
Meningkatkan
|
Memerinci
| |
Meninjau
|
Memperluas
|
Menggambarkan
|
Menjelajah
|
Memperjelas
|
Menggradasi
| |
Memilih
|
Mempolakan
|
Menemukan kembali
|
Membagankan
|
Memfasilitasi
|
Merentangkan
| |
Menyatakan
|
Memfaktorkan
|
Membagankan
|
Memfile
|
Membentuk
|
Merekomendasikan
| |
Mempelajari
|
Menggeneralisasikan
|
Menggunakan
|
Membuat kelompok
|
Merumuskan
|
Melepaskan
| |
Mentabulasi
|
Memberikan
|
Menilai
|
Mengidentifikasi
|
Menggeneralisasi
|
Memilih
| |
Memberi kode
|
Menmyimpulkan
|
Melatih
|
Mengilustrasikan
|
Menumbuhkan
|
Merangkum
| |
Menelusuri
|
Berinteraksi
|
Menggali
|
Menyimpulkan
|
Menangani
|
Mendukung
| |
Menulis
|
Mengumpulkan
|
Membuka
|
Menginterupsi
|
Mengirim
|
Mengetes
| |
Memaknai
|
Mengemukakan
|
Menemukan
|
Memperbaiki
|
Memvalidasi
| ||
Mengamati
|
Membuat faktor
|
Menelaah
|
Menggabungkan
|
Membuktikan kembali
| ||
Merumuskan kembali
|
Membuat gambar
|
Menata
|
Memadukan
| |||
Menggrafikkan
|
Membuat grafik
|
Mengelola
|
Membatasi
| |||
Meramalkan
|
Menangani
|
Memaksimalkan
|
Menggabungkan
| |||
Memperbaiki
|
Mengilustrasikan
|
Meninimalkan
|
Mengajar
| |||
Menulis kembali
|
Mengadaptasi
|
Mengoptimalkan
|
Membuat model
| |||
Membuat abstraksi
|
Menyelidiki
|
Memerintahkan
|
Mengimprovisasi
| |||
Merangkum
|
Memanipulasi
|
Menggarisbesarkan
|
Membuat jaringan
| |||
Menjabarkan
|
Mempercantik
|
Memberi tanda/kode
|
Mengorganisasikan
| |||
Mengkomunikasikan secara visual
|
Mengoperasikan
|
Memprioritaskan
|
Mensketsa
| |||
Mempersoalkan
|
Mengedit
|
Mereparasi
| ||||
Mengkonsepkan
|
Menanyakan
|
Merencanakan
| ||||
Melaksanakan
|
Mengaitkan
|
Menampilkan
| ||||
Meramalkan
|
Memilih
|
Menyiapkan
| ||||
Menyiapkan
|
Memilah
|
Meresepkan
| ||||
Memberi harga
|
Mengukur
|
Memproduksi
| ||||
Memproses
|
Membagi ulang
|
Membuat program
| ||||
Memproduksi
|
Melatih
|
Menata ulang
| ||||
Memproyeksikan
|
Mentransfer
|
Merekonstruksi
| ||||
Melindungi
|
Mencari referensi
| |||||
Menyediakan
|
Menggunakan referensi
| |||||
Mengakitkan
|
Mereferensikan
| |||||
Melingkari
|
Memperbaiki
| |||||
Menyusun
|
Menuliskan kembali
| |||||
Mempertunjukkan
|
Menspesifikasikan
| |||||
Mensimulasikan
|
Merangkum
| |||||
Mensketsakan
|
Mengkomposisikan
| |||||
Memecahkan
| ||||||
Melanggankan
| ||||||
Mentabulasi
| ||||||
Membuat transkrip
| ||||||
Menterjemahkan
| ||||||
Melakukan
|
Ranah Psikomotor | |||
P1
|
P2
|
P3
|
P4
|
Mengaktifkan
|
Mengoreksi
|
Melonggrakan
|
Mengalihkan
|
Menyesuaikan
|
Mengkreasikan
|
Membuat
|
Memecahkan masalah
|
Menggabungkan
|
Mendemonstrasikan
|
Memanipulasi
|
Menempel
|
Melamar
|
Merancang
|
Mereparasi
|
Memadankan
|
Mengatur
|
Memilah
|
Mencampur
|
Menjeniskan
|
Mengumpulkan
|
Melatih
|
Memmaku
|
Menjahit
|
Menimbang
|
Mengencangkan
|
Mengoperasikan
|
Mempertajam
|
Memperkecil
|
Memperbaiki
|
Menjalankan
|
Membentuk
|
Membangun
|
Mengikuti
|
Menekan
|
Mensketsa
|
Mengkalibrasi
|
Menggiling
|
Memproduksi
|
Memulai
|
Mengubah
|
Memegang
|
Menarik
|
Menyetir
|
Membersihkan
|
Memalu
|
Mendorong
|
Menggunakan
|
Menutup
|
Memanaskan
|
Memindahkan
|
Menimbang
|
Mengkombinasikan
|
Menggantung
|
Memperbaiki
|
Membungkus
|
Memposisikan
|
Mengidentifikasikan
|
Menggantikan
|
Mengemas
|
Menyambungkan
|
Mengisi
|
Memutar
| |
Mengkonstruksi
|
Menempatkan
|
Menggirim
|
RANAH AFEKTIF | ||||
A1
|
A2
|
A3
|
A4
|
A5
|
Receive/menerima
|
Responding/merespon
|
Valuing/menilai
|
Organization/mengorganisasi
|
Characterization
|
Menerima
|
Menanggapi
|
Bekerja sama
|
Menganut
|
Menghayati
|
Mempertanyakan
|
Bertanggungjawab
|
Mengasumsikan tanggungjawab
|
Mengubah
|
Bertindak
|
Memilih
|
Membantu
|
Meyakini
|
Menata
|
Mengubah perilaku
|
Mengikuti
|
Mengajukan
|
Melengkapi
|
Mengklasifikasikan
|
Berakhlak mulia
|
Memberi
|
Mengkompromikan
|
Meyakinkan
|
Mengkombinasikan
|
Berfilosofi
|
Menmganut
|
Menyenangi
|
Memperjelas
|
Mempertahankan
|
Mempengaruhi
|
Mematuhi
|
Menyambut
|
Membedakan
|
Membangun
|
Menimbang masalah
|
Meminati
|
Mendukung
|
beriman
|
Membentuk pendapat
|
Mendengarkan
|
Menyetujui
|
Memprakarsai
|
Menunjukkan dengan
|
Mengajukan usulan
| |
Menampilkan
|
Mengundang
|
memadukan
|
Mengkualifikasi
| |
Melaksanakan
|
Menggabungkan
|
Mengelola
|
Mempertanyakan
| |
Menampilkan
|
Memperjelas
|
Menimbang alternatif
|
Melayani
| |
Melaporkan
|
Berperanserta
|
Menegosiasi
|
Menunjukkan kematangan/kedewasaan
| |
Memilih
|
Mengusulkan
|
Berembuk
|
Memecahkan
| |
Mengatakan
|
Menekankan
|
Bersilang pendapat
|
Membuktikan kembali
| |
Membuat pertanyaan
|
Berbagi
| |||
Memilah
|
Menyumbang
| |||
Menolak
|
Bekerjakeras
|
Untuk membantu proses pembuatan soal yang HOTS ada beberapa materi yang saya dapatkan dari sumber lain, so check it.
Contoh Soal Uraian Yang HOTS:
SOAL ULANGAN HARIAN KELAS X AP
SK: MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI
MATERI: MEMILIH MEDIA KOMUNIKASI
1. 1. Media komunikasi audio visual adalah media komunikasi yang paling ampuh dalam menyampaikan informasi/pesan tetapi memerlukan biaya yang besar untuk bisa menggunakan media ini. Take a reason if U Agree or not about this statement!
2. 2. Ada sebuah perusahaan yang baru dirintis dan berada pada konteks Usaha Kecil Menengah. Dalam prosesnya perusahaan ini memrlukan promosi. Dari sekoan banyak media komunikasi, Which one ,,u choice And Why u Choice that?
3. 3. Bagaimana cara memaksimalkan media visual agar bisa menarik minat pembaca atau calon konsumen?
4. 4. Please Explain about The Function of media communication: “ mengkongkretkan isi berita yang bersipat abstrak”!
5. 5. How would you feel after you study about this lesson (media of communication)
SOAL ULANGAN HARIAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN
SK: MENGELOLA PERTEMUAN RAPAT
KD: MEMBUAT CATATAN HASIL PERTEMUAN RAPAT
1. 1. Pembuatan notulen dalam bentuk resume akan nampak lebih efektif karena langsung pada inti permasalahan, selain itu tidak memerlukan alat pelengkap lainnya.
Why do you think like that statement! Do you agree or not? Take me the reason!
2. 2. Notulen memiliki fungsi sebagai alat pembuktian, sumber informasi bagi peserta rapat in absen, dasar untuk pertemuan berikutnya serta alat pengingat bagi peserta rapat. Dari Uraian tersebut, Apa yang akan Anda lakukan jika Anda orang yang bertugas untuk membuat notulen tersebut?
3. 3. Susunan notula rapat terdiri dari 11 item. Please make the example a bout resume! All information free according to U.
4. 4. Istilah istilah yang berhubungan dengan rapat ,,banyaaaak sekali. Please write all that u Know!
SOAL ULANGAN HARIAN KELAS XII AP
SK: MENGAPLIKASIKAN AP DI TEMPAT KERJA
MATERI: ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA
1. 1. Dalam sebuah kantor terdapat suatu permasalahan dimana barang yang ada tidak dapat terdeteksi jumlah maupun nama barang yang lengkap. Jika Anda ditugaskan untuk melakukan administrasi sarana dan prasarana di kantor tersebut, Apa Yang harus Anda lakukan sehingga Kantor tersebut bisa tertib dalam administrasi sarana prasarana?
2. 2. Bagaimana hubungannya antara administrasi sarana dan prasarana dengan produktivitas kerja sebuah perusahaan?
3. 3. Apa yang Anda rasakan setelah mempelajari materi administrasi sarana prasarana?
4. 4. Apa yang Anda rekomendasikan untuk pembelajaran berikutnya?
5. 5. Menurut Anda ,,solusi seperti apa yang paling baik supaya semua barang yang ada di Lab Administrasi perkantoran bisa tertata dengan baik dan tertib?
Clue Produktivitas kerja:
Kemampuan perusahaan dalam berproduksi atau menghasilkan barang/jasa jumlah yang diharapkan dalam waktu yang tepat dan singkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar