APLIKASI LAZADA


PENGERTIAN E- COMMERCE

E- commerce (electronic comers) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan computer lainya. E commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga e-commerce pun menjadi identik dalam menjalan bisnis di internet.

DAMPAK POSITIF  E- COMMERCE

·                     Revenue stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bias ditemui di system transaksi tradisional.
·                     Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
·                     Menurunkan biaya operasional (operating cost)
·                     Melebarkan jangkauan (global reach)
·                     Meningkatkan customer loyality
·                     Meningkatkan supplier management
·                     Memperpendek waktu produksi
·                     Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

DAMPAK NEGATIF  E- COMMERCE

·                     Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentranfer uang dari rekening satu ke rekening lainya atau dia telah menganti semua data financial yang ada.
·                     Pencurian informasi yang berharga.
·                     Kehilangan kesempatan bisnis karena ganguan pelayanan.
·                     Pengunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
·                     Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
·                     Kerugian yang tidak terduga.
REPORT THIS AD

Contoh Nyata E-Commerce

Lazada.co.id

Lazada merupakan bagian dari jaringan e-commerce yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab yang juga masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan nuansa tema yang digunakan oleh situs jual beli Amazon. Lazada fokus untuk penjualan produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia. Salah satu keunggulan yang diberikan Lazada adalah layanan antar gratis di wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek. Hal ini dikarenakan CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.

lazada-screenshot
HOME LAZADA

Sejarah Lazada.co.id

Lazada.co.id The Fastest Growing e-Commerce in Indonesia – Keberhasilan sistem perdagangan online (eCommerce) di Indonesia tidak lepas dari antusiasme masyarakat Indonesia yang mendambakan sebuah kepraktisan dalam berbelanja. Lazada.co.idadalah salah satu toko online terbaik tanah air yang hadir dengan konsep produk yang lengkap dan kemudahan belanja online pesan antar. Adalah sebuah perjalanan yang menabjubkan bagi Lazada.co.id dan orang-orang dibelakanganya yang membuat Lazada menjadi besar seperti sekarang
REPORT THIS AD
Bayangkan saja, Dalam kurun waktu satu tahun, Lazada.co.id kini telah menjadi toko online terbesar di Indoneia. Wajar bila banyak yang menjuluki Lazada.co.id sebagai “The Fastest Growing e-commerce in Indonesia”, Mari kita simak sejarah perjalan Lazada.co.id di dunia e-commerce tanah air.
·                     Januari 2012 – Rocket Internet yang bermarkas di Berlin, Jerman mendirikan sebuah kantor di ibukota indonesia, Jakarta. Saat itu Rocket Internet baru memperkerjakan 4 orang karyawan di Lazada.
·                     15 Maret 2012 –  Website Lazada.co.id diluncurkan pada bulan Maret 2012, bukan hanya di Indonesia saja namun di Philipina, Thailand, Malaysia, Vietnam dan menjadikan Lazada sebagai toko online yang kini tidak asing lagi di telinga setiap orang di wilayah Asia Tenggara. Tepatnya pada tanggal 15 Maret lazada.co.idterbuka untuk umum, dengan 4 kategori utama dan 4.000 produk didalamnya.
·                     Maret – Selang satu minggu setelah peluncuran, lazada.co.idmendapatkan pelanggan pertamanya, yang kemudian memberikan testimoni pada sebuah interview mengenai kepuasaanya berbelanja di lazada.co.id.
·                     April 2012 – Dengan pelayanan terbaik dari segi kelengkapan produk, pelayanan, dan kelengkapan sistem pembayaran termasuk COD, dalam jangka waktu satu bulan setelah peluncuran, jumlah pelanggan lazada.co.id telah mencapai 1000 pelanggan.
·                     Juni 2012 –  Semakin banyaknya ragam produk yang dijual di lazada.co.id, Membuat Lazada membuka kantor baru yaitu sebuah warehouse dan pusat distribusi, kantor terbaru ini menampung dengan baik tiap produk yang tampil pada website dan mengatur tiap pemesanan pelanggan dengan teliti sehingga kemungkinan kesalahan pengiriman kecil terjadi.
·                     Agustus 2012 – Berkat keseriusan dan kerja keras seluruh karyawan dibelakang Lazada, pada bulan Agustus lazada.co.idmenjadi top 100 website di Indonesia! Dibulan ini pula Lazada telah memiliki 200 karyawan.
·                     September 2012 – Berkat cepatnya perkembangan lazada.co.idyang diiringi dengan atusiasme masyarakat Indonesia terhadap sistem belanja online, pada bulan sepember Lazada.co.id telah menduduki top 70 website di Indonesia.
·                     14 September 2012 – JP Morgan Asset Management mengkonfrimasi investasi terhadap jaringan LAZADA Asia Tenggara. CEO LAZADA Regional Asia Tenggara, Maximilian Bittner menyatakan, “Kami sangat merasa terhormat untuk menyambut JP. Morgan untuk menjadi investor kami dan tentunya sangan bahagia bergabung dengan investor dengan berbagi visi dan kepercayaan akan potensi besar wilayah yang berpopulasi besar dengan mereplikasi perilaku berbelanja online di negara maju.” (Kutipan Wikipedia).
·                     8 Oktober 2012 – Peka dengan perkembangan trend di Indonesia, pada 8 oktober lazada.co.id menjadi trending topic #2 di sosial Twitter dengan campaign hastag #Bringmeto1D. Dalam campaign One Direction ini Lazada bekerjasama dengan SonyMusic untuk memberangkatkan beberapa pelanggan Lazada.co.id untuk bertemu dengan One Direction.
·                     24 oktober 2012 – Tim Marketing sosial media Lazada bersorak gembira dengan melihat keberhasilannya atas 100,000 “likes” pada akun Facebook page Lazada.co.id.
·                     12 November 2012 – Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga lebih dari USD 40 juta.
·                     Desember 2012 – Dengan pelanggan yang terus puas dengan pelayanan dan produk yang dihadirkan, pada bulan terakhir di 2012, Lazada.co.id berada diposisi top 60 website di indonesia dan “like” Facebook yang sudah menembus angka 220.000.
·                     5 Desember 2012 – Summit Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di dunia berinvestasi sebesar USD 26 juta pada Lazada.
·                     12 Desember 2012 –  Angka 12.12.12 adalah sebuah revolusi di dunia e-Commerce di Indonesia yang mana event ini diprakarsai oleh Lazada. Pada 12 desember 2012 ini Lazada.co.idmenghadirkan berbagai produk pilihan dengan diskon yang sangat besar. Angka penjualan melonjak pesat setelah campaign ini.
·                     31 Desember 2012 – Pentingnya sebuah User Interface sebuah website untuk kemudahan berbelanja tiap orang menjadikan Lazada meluncurkan website dengan interface terbaru, yang lebih bersahabat dan mudah digunakan oleh setiap pengunjung lazada.co.id. Pada bulan ini juga website lazada.co.id sudah memiliki kategori produk sebanyak 13 buah dan 25.000 produk yang dijual online.
·                     Januari 2013 – Tengelmann, group retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta.
·                     Februari 2013 – Iklan TVC Lazada.co.id tayang perdana di televisi nasional indonesia.

Cara menggunakan layanan di LAZADA

            Untuk menggunakan layanan berbelanja di Lazada, pengguna diwajibkan untuk memiliki akun terlebih dahulu. Untuk mendaftar/membuat akun, bisa dilakukan dengan klik login pada halaman muka Lazada, lalu akan muncul pop-up untuk login dan di situ ada menu untuk daftar. Untuk pendaftaran akun cukup dengan mengisi kolom-kolom data yang tersedia di situ. Dibutuhkan alamat e-mail untuk mendaftar akun di Lazada. Apabila user kesulitan dengan pendaftaran akun dengan metode pengisian data, user tidak perlu khawatir karena ada menu pendaftaran/login dengan alamat Facebook.

screenshot_2016-12-02-12-01-121screenshot_2016-12-02-12-02-541

KELEBIHAN LAZADA

1. Pilihan Produk Berkualitas yang beragam
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.  
REPORT THIS AD
2. Penawaran Khusus atau Promo Produk
Dalam belanja online seperti Lazada Indonesia juga sangat memperhatikan dinamika kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
3. Layanan Super Untuk Raja di Dunia Online
Karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja konvensional. Layanan yang tersedia antara lain :
1.           Layanan Telepon Hotline : Anda dapat melepon ke nomor telepon yang tercantum di web.
2.           Gratis Biaya Kirim ke seluruh Indonesia : Kini Lazada Indonesia memeberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia dengan syarat dan promosi yang berubah
3.           Pengembalian barang dalam 14 hari : Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan. Pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
4.           Waktu Kirim : Walaupun belum menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day delivery), tapi Lazada Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal layanan pengiriman. Kini pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.

KEKURANGAN LAZADA

1. Tidak menutup kemungkinan dari costumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs E-commerce ini yang dikarenakan nomor customer yang dicantumkan di situs nerupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama kebanyakan situs / penjual produk bohonggan (penipuan) yang juga tersebar di internet. 
REPORT THIS AD
2. Respon layanan konfirmasi pembayaran yang masih sedikit terlambat 
3. Beberapa produk yang available stock di website ternyata out of stock di gudang
4. Layanan M-Banking dan pembayaran kartu kredit yang belum memiliki integritas tinggi 

LANGKAH MEMBELI BARANG DI LAZADA

order-1
1.           Pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi Lazada.co.id. Kemudian tentukan barang yang akan anda beli. Jika sudah anda tentukan selanjutnya adalah mengklik “BELI SEKARANG”. Lalu klik “KONFIRMASI PEMESANAN”.1
2.           Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman dimana disitu anda harus memasukkan alamat lengkap anda untuk mengirim barang yang anda beli. Pastikan alamat yang anda masukkan sudah benar, jika alamat sudah benar anda bisa lihat detil pesanan anda di sebelah kanan. Setelah itu klik “LANJUTKAN”.
2
3. Sekarang pilih metode pembayaran anda, bisa memilih pembayaran dengan Kartu Kredit, Bayar di Tempat, Bank transfer. Jika memilih metode Bayar di Tempat pastikan barang yang anda beli tersedia untuk pembayaran di tempat, jika tidak tersedia anda bisa memilih metode pembayaran lainnya. Disini saya memilih pembayaran melalui Bank Transfer.Lihat gambar dibawah ini:
a. Pilih Bank Transfer
b. Pilih bank yang akan anda buat untuk transfer pembayaran
c. Masukkan nama yang ada di Bank anda, jika bank sendiri biasanya nama sendiri.
d. Kemudian klik “KONFIRMASI PESANAN”
pembayaran-lazada
4. Kemudian buka email anda dan periksa inbox dan cari email dari Lazada. Jika di inbox tidak ada bisa cari di folder spam. Email tersebut berisi data pesanan anda seperti Nomor Pemesanan, Total yang harus di bayar. Anda harus segera melakukan pembayaran sebelum 24jam. Anda bisa melakukan pembayaran melalui ATM atau Internet Banking. Di dalam email tersebut sudah terdapat langkah-langkah cara melakukan pembayaran melalui ATM maupun Internet Banking. Jadi ikuti saja cara melakukan pembayaran yang terdapat di email.
cara-pembayaran-di-lazada
5. Setelah anda melakukan pembayaran maka anda sudah selesai berbelanja di Lazada, selanjutnya anda tinggal menunggu konfirmasi dari Lazada bahwa pembayaran anda sudah diterima oleh pihak Lazada melalui email anda. Apabila sudah terdapat email konfirmasi dari lazada selanjutnya anda tinggal menunggu barang anda sampai di tangan anda.

CARA MENGECEK PESANAN

1.           Buka http://www.lazada.co.id/order-tracking
2.           Masukkan nomor pesanan dan email Anda
3.           Tekan “Periksa sekarang” untuk memproses
Atau cukup klik “Status Order” di bagian atas halaman Lazada, masukkan nomor pesanan dan email Anda, kemudian tekan “Lihat”untuk memeriksa status pesanan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages