PENGERTIAN E- COMMERCE
E- commerce (electronic comers)
adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system
elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan
computer lainya. E commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran
data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan
data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Perkembangan teknologi informasi
terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet
merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia,
sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan
yang lain diseluruh dunia. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur
yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga e-commerce pun menjadi
identik dalam menjalan bisnis di internet.
DAMPAK POSITIF E- COMMERCE
·
Revenue
stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bias
ditemui di system transaksi tradisional.
·
Dapat
meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
·
Menurunkan
biaya operasional (operating cost)
·
Melebarkan
jangkauan (global reach)
·
Meningkatkan
customer loyality
·
Meningkatkan
supplier management
·
Memperpendek
waktu produksi
·
Meningkatkan
value chain (mata rantai pendapatan)
DAMPAK NEGATIF E- COMMERCE
·
Kehilangan
segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentranfer
uang dari rekening satu ke rekening lainya atau dia telah menganti semua data
financial yang ada.
·
Pencurian
informasi yang berharga.
·
Kehilangan
kesempatan bisnis karena ganguan pelayanan.
·
Pengunaan
akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
·
Kehilangan
kepercayaan dari para konsumen.
·
Kerugian
yang tidak terduga.
REPORT THIS AD
Contoh Nyata E-Commerce
Lazada.co.id
Lazada merupakan bagian dari
jaringan e-commerce yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab yang juga masih
merupakan bagian dari Rocket
Internet yang berasal dari Jerman. Lazada
menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan nuansa tema yang digunakan
oleh situs jual beli Amazon. Lazada fokus untuk penjualan produk consumer
electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar
di Lazada Indonesia. Salah satu keunggulan yang diberikan Lazada adalah layanan
antar gratis di wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek. Hal ini dikarenakan CEO Rocket
Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.

Sejarah
Lazada.co.id
Lazada.co.id The Fastest Growing e-Commerce in
Indonesia – Keberhasilan sistem perdagangan online (eCommerce) di Indonesia
tidak lepas dari antusiasme masyarakat Indonesia yang mendambakan sebuah
kepraktisan dalam berbelanja. Lazada.co.idadalah
salah satu toko online terbaik tanah air yang hadir dengan konsep produk yang
lengkap dan kemudahan belanja online pesan antar. Adalah sebuah perjalanan yang
menabjubkan bagi Lazada.co.id dan
orang-orang dibelakanganya yang membuat Lazada menjadi besar seperti sekarang
REPORT THIS AD
Bayangkan saja, Dalam kurun waktu satu tahun, Lazada.co.id kini telah menjadi toko
online terbesar di Indoneia. Wajar bila banyak yang menjuluki Lazada.co.id sebagai “The Fastest Growing
e-commerce in Indonesia”, Mari kita simak sejarah perjalan Lazada.co.id di dunia e-commerce tanah air.
·
Januari
2012 – Rocket Internet yang bermarkas di Berlin, Jerman mendirikan sebuah
kantor di ibukota indonesia, Jakarta. Saat itu Rocket Internet baru
memperkerjakan 4 orang karyawan di Lazada.
·
15
Maret 2012 – Website Lazada.co.id diluncurkan
pada bulan Maret 2012, bukan hanya di Indonesia saja namun di Philipina,
Thailand, Malaysia, Vietnam dan menjadikan Lazada sebagai toko online yang kini
tidak asing lagi di telinga setiap orang di wilayah Asia Tenggara. Tepatnya
pada tanggal 15 Maret lazada.co.idterbuka
untuk umum, dengan 4 kategori utama dan 4.000 produk didalamnya.
·
Maret
– Selang satu minggu setelah peluncuran, lazada.co.idmendapatkan pelanggan pertamanya, yang kemudian
memberikan testimoni pada sebuah interview mengenai kepuasaanya berbelanja di lazada.co.id.
·
April
2012 – Dengan pelayanan terbaik dari segi kelengkapan produk, pelayanan, dan
kelengkapan sistem pembayaran termasuk COD, dalam jangka waktu satu bulan
setelah peluncuran, jumlah pelanggan lazada.co.id telah mencapai 1000 pelanggan.
·
Juni
2012 – Semakin banyaknya ragam produk yang dijual di lazada.co.id, Membuat Lazada membuka kantor
baru yaitu sebuah warehouse dan pusat distribusi, kantor terbaru ini menampung
dengan baik tiap produk yang tampil pada website dan mengatur tiap pemesanan
pelanggan dengan teliti sehingga kemungkinan kesalahan pengiriman kecil terjadi.
·
Agustus
2012 – Berkat keseriusan dan kerja keras seluruh karyawan dibelakang Lazada,
pada bulan Agustus lazada.co.idmenjadi
top 100 website di Indonesia! Dibulan ini pula Lazada telah memiliki 200
karyawan.
·
September
2012 – Berkat cepatnya perkembangan lazada.co.idyang diiringi dengan atusiasme masyarakat
Indonesia terhadap sistem belanja online, pada bulan sepember Lazada.co.id telah menduduki top 70
website di Indonesia.
·
14
September 2012 – JP Morgan Asset Management mengkonfrimasi investasi terhadap
jaringan LAZADA Asia Tenggara. CEO LAZADA Regional Asia Tenggara, Maximilian
Bittner menyatakan, “Kami sangat merasa terhormat untuk menyambut JP. Morgan
untuk menjadi investor kami dan tentunya sangan bahagia bergabung dengan
investor dengan berbagi visi dan kepercayaan akan potensi besar wilayah yang
berpopulasi besar dengan mereplikasi perilaku berbelanja online di negara
maju.” (Kutipan Wikipedia).
·
8
Oktober 2012 – Peka dengan perkembangan trend di Indonesia, pada 8 oktober lazada.co.id menjadi trending topic #2 di
sosial Twitter dengan campaign hastag #Bringmeto1D. Dalam campaign One
Direction ini Lazada bekerjasama dengan SonyMusic untuk memberangkatkan
beberapa pelanggan Lazada.co.id untuk
bertemu dengan One Direction.
·
24
oktober 2012 – Tim Marketing sosial media Lazada bersorak gembira dengan
melihat keberhasilannya atas 100,000 “likes” pada akun Facebook page Lazada.co.id.
·
12
November 2012 – Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi
hingga lebih dari USD 40 juta.
·
Desember
2012 – Dengan pelanggan yang terus puas dengan pelayanan dan produk yang
dihadirkan, pada bulan terakhir di 2012, Lazada.co.id berada diposisi top 60 website di
indonesia dan “like” Facebook yang sudah menembus angka 220.000.
·
5
Desember 2012 – Summit Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di
dunia berinvestasi sebesar USD 26 juta pada Lazada.
·
12
Desember 2012 – Angka 12.12.12 adalah sebuah revolusi di dunia e-Commerce
di Indonesia yang mana event ini diprakarsai oleh Lazada. Pada 12 desember 2012
ini Lazada.co.idmenghadirkan
berbagai produk pilihan dengan diskon yang sangat besar. Angka penjualan
melonjak pesat setelah campaign ini.
·
31
Desember 2012 – Pentingnya sebuah User Interface sebuah website untuk kemudahan
berbelanja tiap orang menjadikan Lazada meluncurkan website dengan interface
terbaru, yang lebih bersahabat dan mudah digunakan oleh setiap pengunjung lazada.co.id. Pada bulan ini juga website lazada.co.id sudah memiliki kategori
produk sebanyak 13 buah dan 25.000 produk yang dijual online.
·
Januari
2013 – Tengelmann, group retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi
yang dikabarkan mencapai USD 20 juta.
Cara menggunakan layanan
di LAZADA
Untuk menggunakan layanan berbelanja di Lazada, pengguna diwajibkan untuk
memiliki akun terlebih dahulu. Untuk mendaftar/membuat akun, bisa dilakukan
dengan klik login pada halaman muka Lazada, lalu akan muncul pop-up untuk login
dan di situ ada menu untuk daftar. Untuk pendaftaran akun cukup dengan mengisi
kolom-kolom data yang tersedia di situ. Dibutuhkan alamat e-mail untuk
mendaftar akun di Lazada. Apabila user kesulitan dengan pendaftaran akun dengan
metode pengisian data, user tidak perlu khawatir karena ada menu
pendaftaran/login dengan alamat Facebook.


KELEBIHAN LAZADA
1. Pilihan Produk Berkualitas yang
beragam
Di Lazada Indonesia dapat
dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik
rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video &
Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga
& Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.
REPORT THIS AD
2. Penawaran Khusus atau Promo
Produk
Dalam belanja online seperti
Lazada Indonesia juga sangat memperhatikan dinamika kehidupan masyarakat
Indonesia. Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun
yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja
online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih
mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
3. Layanan Super Untuk Raja di
Dunia Online
Karena anda tinggal pencet
telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda
tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan
anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak
perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja konvensional. Layanan yang tersedia
antara lain :
1.
Layanan
Telepon Hotline : Anda dapat melepon ke nomor telepon yang tercantum di web.
2.
Gratis
Biaya Kirim ke seluruh Indonesia : Kini Lazada Indonesia memeberikan gratis
ongkos pengiriman di Indonesia dengan syarat dan promosi yang berubah
3.
Pengembalian
barang dalam 14 hari : Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para
pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat
kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan. Pengembalian barang dilakukan
dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian
barang akan diproses lebih lanjut.
4.
Waktu
Kirim : Walaupun belum menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day
delivery), tapi Lazada Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal
layanan pengiriman. Kini pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke
seluruh Indonesia.
KEKURANGAN LAZADA
1. Tidak menutup kemungkinan dari
costumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs
E-commerce ini yang dikarenakan nomor customer yang dicantumkan di situs
nerupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama kebanyakan
situs / penjual produk bohonggan (penipuan) yang juga tersebar di internet.
REPORT THIS AD
2. Respon layanan konfirmasi
pembayaran yang masih sedikit terlambat
3. Beberapa produk yang available
stock di website ternyata out of stock di gudang
4. Layanan M-Banking dan
pembayaran kartu kredit yang belum memiliki integritas tinggi
LANGKAH MEMBELI BARANG
DI LAZADA

1.
Pertama
yang harus anda lakukan adalah mengunjungi Lazada.co.id.
Kemudian tentukan barang yang akan anda beli. Jika sudah anda tentukan
selanjutnya adalah mengklik “BELI SEKARANG”. Lalu klik “KONFIRMASI PEMESANAN”.

2.
Selanjutnya
anda akan dibawa ke halaman dimana disitu anda harus memasukkan alamat lengkap
anda untuk mengirim barang yang anda beli. Pastikan alamat yang anda masukkan
sudah benar, jika alamat sudah benar anda bisa lihat detil pesanan anda di
sebelah kanan. Setelah itu klik “LANJUTKAN”.

3. Sekarang pilih metode
pembayaran anda, bisa memilih pembayaran dengan Kartu Kredit, Bayar di Tempat,
Bank transfer. Jika memilih metode Bayar di Tempat pastikan barang yang anda
beli tersedia untuk pembayaran di tempat, jika tidak tersedia anda bisa memilih
metode pembayaran lainnya. Disini saya memilih pembayaran melalui Bank Transfer.Lihat gambar
dibawah ini:
a. Pilih Bank Transfer
b. Pilih bank yang akan anda buat
untuk transfer pembayaran
c. Masukkan nama yang ada di Bank
anda, jika bank sendiri biasanya nama sendiri.
d. Kemudian klik “KONFIRMASI
PESANAN”

4. Kemudian buka email anda
dan periksa inbox dan cari email dari Lazada. Jika di inbox tidak ada bisa cari
di folder spam. Email tersebut berisi data pesanan anda seperti Nomor
Pemesanan, Total yang harus di bayar. Anda harus segera melakukan pembayaran
sebelum 24jam. Anda bisa melakukan pembayaran melalui ATM atau Internet
Banking. Di dalam email tersebut sudah terdapat langkah-langkah cara melakukan
pembayaran melalui ATM maupun Internet Banking. Jadi ikuti saja cara melakukan
pembayaran yang terdapat di email.

5. Setelah anda melakukan
pembayaran maka anda sudah selesai berbelanja di Lazada, selanjutnya anda
tinggal menunggu konfirmasi dari Lazada bahwa pembayaran anda sudah diterima
oleh pihak Lazada melalui email anda. Apabila sudah terdapat email konfirmasi
dari lazada selanjutnya anda tinggal menunggu barang anda sampai di tangan anda.
CARA MENGECEK
PESANAN
2.
Masukkan
nomor pesanan dan email Anda
3.
Tekan “Periksa sekarang” untuk memproses
Atau cukup klik “Status Order” di
bagian atas halaman Lazada, masukkan nomor pesanan dan email Anda, kemudian
tekan “Lihat”untuk
memeriksa status pesanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar